Welcome in my Blog

Get Fun With My BLOG Friends !!

Senin, 07 Februari 2011

Bahaya !! Situs Kencan Curi Ratusan Ribu Data Facebooker

Sebuah website kencan mengambil informasi sekitar 250 ribu profil pengguna Facebook tanpa seizin para pemiliknya. Pengelola situs bernama lovely-faces.com ini memajang foto-foto ratusan ribu pengguna Facebook tersebut di halaman website.


Seperti diberitakan AFP, Senin (7/2/2011), beberapa kategori pun diberikan untuk ratusan ribu pengguna Facebook di situs Lovely Faces. Antara lain berdasarkan gender, kelucuan atau keramahan mereka. 

Profil Facebook yang diambil memang telah dianalisis dengan software pengenal wajah. Software ini mampu memfilter dan mengkategorikan masing-masing foto profil berdasarkan ekspresi wajah.

Jadi, siapapun yang ingin mencari jodoh di situs tersebut bisa menggunakan kata seperti ‘santai’, ‘mudah didekati’, ‘sombong’ ataupun ‘licik’.

Nah, para pengunjung situs bisa memilih calon teman kencan potensial melalui foto-foto itu. Jika sudah menjatuhkan pilihan, pengunjung tinggal mengklik foto dan diarahkan ke profil Facebook sosok yang ia pilih. Selanjutnya, terserah mereka bagaimana akan melakukan pendekatan alias PDKT via Facebook.
Pembuat Lovely Faces adalah Paolo Cirio dan Allesandro Ludovic. Keduanya seniman dan menyatakan Lovely Face tak ditujukan untuk alasan komersial melainkan proyek seni. Mereka juga sepertinya ingin menyindir mudahnya pencurian identitas di Facebook.

“Facebook merupakan tempat yang menakjubkan bagi pencuri identitas ataupun situs kencan karena tidak memiliki kontrol pengguna. Inilah sifat alami Facebook dan jejaring sosial. Kita bisa melihat betapa rapuh identitas virtual dimanfaatkan platform seperti ini.” demikian kata mereka.

Pihak Facebook tampak tidak senang dengan kelakuan pembesut Lovely Faces dan menegaskan bahwa mengambil informasi di Facebook tanpa permisi adalah melanggar aturan. Facebook pun melakukan investigasi untuk mengambil langkah yang diperlukan.

“Mencuri informasi pengguna telah melanggar aturan kami. Kami akan segera mengambil tindakan hukum terhadap organisasi yang melakukan pelanggaran. Kami sedang menyelidiki situs ini,” ujar Direktur Komunikasi Kebijakan Facebook Barry Schnitt.

Di sisi lain, Cirio dan Ludovic mengatakan akan menghapus profil pengguna jika ada pihak yang mengeluhkan hal itu secara pribadi. Apalagi, situs kencan tersebut tidak menarik keuntungan, hanya sekadar menciptakan lelucon sekaligus menunjukkan kepada masyarakat betapa mudahnya informasi bocor di dunia maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar