Welcome in my Blog

Get Fun With My BLOG Friends !!

Sabtu, 29 Januari 2011

Dasyatnya Tempe !! Hasilkan omzet hingga Rp 800 ribu/hari.


Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta yaitu Lia Nurul Husnah, Meivitasari, dan Pradekatiwi mengembangkan tempe yang berbahan dasar biji ketapang.

Lia Nurul Husnah mengatakan, kebanyakan orang belum mengetahui bahwa biji ketapang memiliki kandungan gizi tinggi sehingga selama ini biji ketapang hanya menjadi sampah organik. "Ternyata biji ketapang memiliki rasa gurih dan kandungan gizi tinggi. Antara lain, protein 25,3 persen, gula 16 persen, serat 11,75 persen, karbohidrat 5,8 persen, serta berbagai macam asam amino," katanya.
Kandungan gizi tersebut berasal dari biji ketapang bersih tanpa kulit yang dapat dipanen setiap tiga bulan setelah mulai berbuah. "Produk biji ketapang dapat menjadi salah satu upaya untuk penganekaragaman bahan pangan. Terlebih lagi tanaman ketapang tergolong mudah dibudidayakan," katanya.

Belakangan ini, pasokan kedelai sebagai bahan baku tempe juga tidak mencukupi kebutuhan nasional sehingga pemerintah harus mengimpornya. Pohon ketapang banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia dan cocok ditanam di daerah dengan iklim pesisir dan dataran rendah hingga ketinggian sekitar 400 m dengan curah hujan antara 1.000-3.500 mm per tahun.

"Pemanfaataan biji ketapang selama ini masih minim. Hanya digunakan sebagai pengganti biji almond dalam kue-kue, bahan pembuatan selai, dan bahan mi," katanya.

Bentuk buah pohon ketapang seperti buah almond. Besar buahnya kira-kira 4-5,5 cm berwarna hijau. Ketika tua, warnanya menjadi merah kecokelatan.

Tak harus dengan biji ketapang, tempe bisa hasilkan omzet menggiurkan. Meski termasuk makanan rakyat yang terbuat dari kedelai, orang bule pun berminat dengan tempe. Orang bule makan tempe? Ya, makanan yang menurut sejarah berasal dari Jawa, khususnya Surakarta dan Yogyakarta, ini kini tidak hanya dikonsumsi masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat mancanegara. Karena, lauk pauk ini kaya akan protein nabati dan serat seperti: kalsium, vitamin B serta zat besi ini dapat dijadikan sebagai pengganti daging, sehingga sangat digemari dan dicari, terutama kaum vegetarian di seluruh dunia. Mengetahui hal ini, sebuah perusahaan ekspor impor makanan menggandeng Zaeni, pengusaha tempe di kawasan Buaran, Jakarta Timur, dengan memodifikasi bahan baku dan eksperimen produk Zaeni berhasil mengembangkan tempenya ke Australia dan Jepang. Kiatnya?
Pengapalan makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan ini, dilakukan dua kali dalam setahun, masing-masing sebanyak 5 ton kedelai atau kira-kira setara dengan 15 ribu bungkus tempe. “Awalnya, sebuah perusahaan ekspor impor makanan ingin mengeskpor tempe. Lalu, perusahaan tersebut mencari ‘perusahaan’ tempe yang bukan cuma produknya yang memenuhi standarisasi sebuah usaha, melainkan juga tempat usahanya. Kebetulan, seorang kenalan dari Departemen Perindustrian menawarkan kerja sama tersebut ke saya. Peluang itu saya, ambil,” kata Zaeni
Sebelumnya ia harus melakukan riset secara bertahap untuk memastikan bahwa produk tersebut aman dikonsumsi oleh masyarakat mancanegara. Sesudah itu, baru dikirimkan ke Australia dan Jepang. Mula-mula 5 kg/bulan untuk masing-masing negara, kemudian 10 kg/bulan, dan akhirnya 5 ton/negara setiap setengah tahun sampai sekarang.
Apa sih hebatnya tempe Zaeni sehingga mampu diekspor? “Saya menggunakan kedelai yang lebih berkualitas dan melalui proses seleksi yang ketat. Hanya kedelai yang berwarna putih bersih yang saya gunakan. Karena itu, tempe saya mampu bertahan selama setahun, sedangkan yang untuk pasar lokal hanya bertahan 2 sampai 3 hari. Selain itu, tentu saja harganya lebih mahal, dua kali lipat daripada yang untuk konsumsi setempat,”tegasnya.
Sekadar informasi, untuk tempe mendoan, Zaeni menjualnya dengan harga Rp. 500/bungkus, untuk yang dibacem atau digoreng biasa Rp. 150/bungkus, dan yang dikemas dalam plastik dengan berbagai ukuran Rp. 2.500,- hingga Rp. 4.000,- per kemasan. Selain membuat tempe, Zaeni yang membangun usahanya sejak 1978 juga membuat susu kedele sebagai alternatif susu untuk bayi. Namun, karena mahalnya biaya produksi, susu tempe ini masih disimpan di laboratorium dan belum diproduksi serta dipasarkan. Di samping itu, saat ini ia juga sedang menjalin kerjasama dengan sebuah perusahaan untuk memproduksi dan mengembangkan kerupuk tempe, yang nantinya dipasarkan ke luar negeri. “Sebenarnya, untuk membuktikan bahwa tempe bukan cuma dikonsumsi dengan cara ‘biasa melainkan sebaliknya, sehingga orang tidak jenuh makan tempe,” jelasnya.
Zaeni optimistis pasar tempe masih terbuka luas. Apalagi kalau mau terus menekuni dan belajar. Ide-ide baru dicoba, inovatif, “Saya yakin pasar untuk tempe selalu ada. Karena, sama halnya dengan bisnis-bisnis pada umumnya, dalam bisnis tempe, tidak cukup sekadar mengetahui bagaimana caranya membuat tempe, seperti bagaimana caranya membuat konsumen tidak membeli tempe sekali saja dan dalam jumlah sedikit, tetapi sebaliknya. Bukan hanya fokus pada produksi, melainkan juga menguasai pasar. Semua ini bagian dari pemasaran juga loh,” katanya.
Selain itu, tambah dia, di satu sisi, usaha tempe juga sangat menolong mereka yang putus sekolah dan tidak berpeluang menjadi karyawan. Sebab, tempe merupakan bisnis dengan modal kecil dan bahan baku gampang. Di sisi lain, merajalelanya penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh daging, flu burung misalnya, bisa mendongkrak penjualan tempe hingga 10%. “Dengan adanya kenaikan penjualan itu, berarti terjadi kenaikan produksi 400 kg kedelai/hari. Sebuah bisnis yang murah meriah, bukan?” imbuhnya.
Zaeni sendiri membangun bisnis ini dengan modal Rp. 1 juta dan omset harian 200 kg kedelai atau setara dengan Rp. 800 ribu/hari. Setiap hari, dia dan lima karyawannya memproduksi 200 kg sampai 300 kg kedelai atau sama dengan 600 bungkus tempe dengan berbagai ukuran dan kemasan.
Selanjutnya, tempe-tempe itu dibawa ke pasar. Di samping menjual eceran untuk konsumen, tempe itu juga dijual secara grosiran atau memasok ke para tukang sayur, yang dianggap sebagai agen. Kepada para agen, saya menjual lebih murah sekitar 40%. Kedepannya, Zaeni berencana mengembangkan pasar tempenya lebih luas lagi. Selain pasar domestik, dia masih mencari peluang pasar mancanegara lainnya, di luar Jepang dan Australia. (fn/mi/ku) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar