Welcome in my Blog

Get Fun With My BLOG Friends !!

Sabtu, 22 Januari 2011

GAYA ANAK JALANAN

       Melihat jauh di pelosok desa yg terpencil ataupun tdk terlalu terpencil, menyusuri beberapa jalan,, saya melihat banyak anak pengamen ataupun seorang anak muda sekedar merokok di sekitar jalanan sambil, bercanda ngomong jorok dan terlihat sangat tdk terdidik....  

Begitu mengenaskan generasi bangsa yg tdk mendapat perhatian dari pemerintah daerah sekitar....
Apakah mereka tdk pernah berfikir untuk hidup lebih layak ?? dan tdk menjadi sampah masyarakat yg hanya bisa berduduk santai, membuat kerusuhan, dan membuang - buang waktu mereka dengan hal sia - sia semasa mudanya. 

 Bangku pendidikan yg bukan prioritas utama mereka dan yg tdk didukung oleh Faktor ekonomi yg layak pula, yang membuat mereka memutuskan utk tdk melanjutkan pendidikan.
Sebuah keputusan yang singkat dan gampang, faktor Lingkungan pula yg membuat mereka utk bergabung dengan anak2 yg tdk benar,,, seperti meminum - minuman keras, mencopet, atau yg lebih parah lagi ikut komplotan perampok. sungguh memprihatinkan. dengan keluraga yg kurang mendidik moral, dan faktor pendidikan orang tualah yang patut utk di tuntut dalam hal perilaku anak - anak mereka.

So,, apa solusi pemerintah sekarang ??? ataukah masih sibuk dengan mengurusi para koruptor yg gak pernah beres....
dan kemiskinan trus bertambah, pengangguran semakin bertambah, biaya hidup semakin mahal... dan masyarakat kecil terlalu sering di abaikan. 

Menurut saya, sistem pemerintah masih sangat kurang baik dalam memperhatikan masyarakat pinggiran seperti anak jalanan. 
Saya mengingat apa yg pernah saya temui, saya bertemu dengan anak kecil jalanan itu dia seorang anak laki - laki, yg seharusnya menjadi generasi penerus Bangsa, dia meminta - minta dengan memelas kpd orang2 di depannya, dan saya tdk tega. Ketika itu saya memberi uang kepadanya yg tdk seberapa, saya tdk mengerti... tiba2 dia sangaaat senang sekali ,tersenyum berkali - kali, sambil mengucapkan "Trimakasih Mbak" sampai 4 kali. Ketika itu saya sungguh terharu, andai saja saya seorang.... entahlah saya ingin memeluknya, sayang saya tdk bs menolongnya.

Inilah contoh dari sebagian kecil anak - anak jalanan yg dia mungkin mempunyai harapan, tetapi harapan itu terputus oleh faktor Ekonomi yg kurang layak untuk membayar biaya pendidikan mereka.

Semakin bertambahnya tahun, semakin biaya pendidikan itu sangat mahal, dengan didorongnya kecanggihan teknologi yg sangat pesat, membuat biaya pendidikan itu semakin mahal....
Lalu bagaimana nasib mereka?? nasib anak yg tdk mampu, nasib anak jalanan ??...  Mungkin itu sdh takdir hidupnya mereka.

Kita sebagai masyarakat yg mempunyai harta lebih, sesekali tengoklah mereka dan berilah mereka sedikit apa yg kita punya. dari situ kita bisa menyimpulkan betapa berharganya Hidup ini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar