Welcome in my Blog

Get Fun With My BLOG Friends !!

Kamis, 27 Januari 2011

Tahun 2011, Kesehatan Masyarakat Miskin Diasuransikan

Tahun 2011 mendatang, masyarakat miskin yang belum terakomodir dalam asuransi kesehatan, akan diberikan asuransi kesehatan. Di tahun itu Pemerintah Kabupaten Padangpariaman memprogramkan asuransi kesehatan bagi masyarakat miskin. Program itu nanti diharapkan mampu mengakomodir masyarakat miskin untuk bisa mendapatkan pengobatan gratis. Dimana seluruh biaya pengobatan akan ditanggung oleh pemerintah.


Demikian disampaikan Asisten Administrasi Umum, H Armalis Muchtar saat memberikan sambutan pada Wisuda Akper Pemda Padangpariaman Diploma III Angkatan VIII Tahun 2010, Selasa (28/9/2010), di Gedung Saiyo Sakato.

Namun demikian, katanya, disisi lain perlu terus dilakukan pembenahan terutama dari segi pelayanan kesehatan. Hal itu disebabkan, selama ini masih banyak masyarakat yang mengeluhkan pelayanan para perawat di Puskesmas dan Puskesmas Pembantu (Pustu). 

Terkesan, masih kurangnya pendekatan kemanusiaan atau psikologi masyarakat oleh perawat ketika memberikan pelayanan. Seperti sikap perawat yang cerewet dan judes ketika memberikan pelayanan, membuat masyarakat antipati untuk datang berobat ke Puskesmas.

Dia berharap, para lulusan Akper Pemda, tidak bersikap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tanpa membedakan dari golongan mana mereka berasal.

Dijelaskanya, saat ini ada tiga agenda yang menjadi prioritas dalam pembangunan di Kabupaten Padangpariaman, antara lain pemberantasan kemiskinan, pemerataan pendidikan, dan peningkatan derajat kesehatan.

Khusus agenda peningkatan derajat kesehatan, di Padangpariaman sudah diupayakan sejak tahun 2003 dengan membebaskan masyarakat dari biaya berobat ke Puskesmas dan Pustu. Melalui kebijakan telah memberikan dampak peningkatan kunjungan masyarakat berobat ke Puskesmas dan Pustu setiap tahunnya. 
Namun demikian belum bisa menjamin bahwa masyarakat Padangpariaman telah sehat, bila tidak terus diupayakan dengan menciptakan terobosan-terobosan baru salah satunya melalui program yang akan dilaksanakan pada tahun mendatang tersebut.

Dia berharap, dengan ilmu yang telah diperoleh oleh para lulusan dari Akper Pemda tersebut, dapat diaplikasikan di tengah masyarakat. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar