Welcome in my Blog

Get Fun With My BLOG Friends !!

Jumat, 21 Januari 2011

Prototipe Robot KIST Mahru-Z Lebih Terampil jadi Robot Asisten Rumah Tangga

Anda punya asisten rumah tangga di rumah, yang biasanya melakukan segala pekerjaan rumah untuk Anda? Memang tak jarang keluarga yang sengaja membayar orang untuk melakukan bersih-bersih karena aktivitas di luar rumah yang tak memungkinkan melakukan semuanya sendiri. Tapi walau bagaimanapun seorang pembantu rumah tangga adalah manusia juga yang harus diperlakukan dengan baik, jangan sampai duka seorang TKI yang pulang dari negeri orang kembali lagi terjadi karena majikan yang kasar dan tidak berkeprimanusiaan.
Mungkin itu juga yang mendorong sekumpulan peneliti untuk menggantikan tugas seorang pembantu rumah tangga dengan robot asisten rumah tangga. Sepertinya hal ini bukan ide buruk. Robot memang dirancang secara khusus melalui program komputer dan tak memiliki naluri sendiri. Jadi semua diatur berdasarkan program yang sudah tertanam di chip-nya.
Maka hadirlah robot KIST Mahru, memang ini bukan prototipe awal melainkan prototipe selanjutnya dari Mahru M, kali ini tampil dengan ukuran yang lebih pendek dari sebelumnya yaitu 4 kaki 3 inchi dan memiliki berat sekitar 55 kg, robot Mahru Z ini sepertinya sudah dirancang dengan lengan yang lebih terampil. Dalam sebuah demo ditunjukkan bahwa robot Mahru-Z dan Mahru-M kini sudah bisa membawakan kita secangkir teh, mengambilkan kita roti dari toaster dan menyuguhkannya pada kita.
Kedua robot ini sudah dibekali dengan teknologi 3D Object Recognition, dimana mampu mengenal objek 3D dalam menyelesaikan tugas mereka. Tampaknya generasi Mahru sendiri akan terus berkembang sepanjang waktu. Tapi bisa jadi ini adalah awal dari dimana nanti ada robot yang akan membawakan kita secangkir teh dan roti di pagi hari untuk sarapan kita. Hmmm, menarik juga bukan?
Nah, kalau Anda tertarik melihat aksi robot Mahru ini, silahkan lihat video berikut ini :
http://www.youtube.com/watch?v=n_-PxqtrwK8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar